Pembangunan Politik Daerah adalah bagian integral dari Pembangunan politik dalam negeri. Pembangunan Politik di Kabupaten Barito Kuala berorientasi pada fasilitasi bagi unsur-unsur/lembaga yang terkandung dalam infrastruktur dan suprastruktur politik dalam implementasi perbaikan struktur politik, peningkatan kualitas proses politik dan pengembangan budaya, sikap dan kesadaran politik yang berdasarkan Pancasila dan selalu memperhatikan kepentingan dan aspirasi yang tumbuh dalam masyarakat.
Kesadaran masyarakat dalam berpolitik telah diwujudkan dalam kegiatan pemilihan umum (pemilu), tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum menunjukkan keterlibatan masyarakat dalam momen politik meningkat Perkembangan Ormas, LSM dan Parpol di Kabupaten Barito Kuala dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Ditinjau dari proses pembinaan dan hasil pengembangan politik lokal, seluruh unsur organisasi tersebut di atas ternyata mempunyai peran penting dan senantiasa cukup berpengaruh didalam pembangunan politik terutama dalam hal pasang-surutnya dinamika permasalahan politik daerah. Organisasi-organisasi dimaksud tumbuh, berkembang dan turut andil dalam peningkatan peran politik masyarakat baik dalam pendidikan politik maupun partisipasi politik.
Tingkat kesadaran hukum sebagian masyarakat Kabupaten Barito Kuala belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini antara lain ditunjukkan oleh masih adanya warga masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi peraturan yang berlaku, seperti pelanggaran atas pemanfaatan lahan, rendahnya disiplin berlalu lintas, penyalahgunaan ruangan publik untuk kepentingan individu, dan pembuangan sampah secara liar.
Upaya peningkatan kegiatan ketentraman dan ketertiban masyarakat telah menghasilkan kondisi yang semakin kondusif dalam menunjang kegiatan pembangunan daerah. Secara kelembagaan Polri merupakan pemegang kewenangan utama dalam upaya peningkatan
ketentraman dan ketertiban masyarakat, namun seiring dengan otonomi daerah pemerintah daerah telah pula membentuk Kepolisian Pamong Praja sebagai perangkat pengamanan dan penegakan perda di samping masih kuatnya peran masyarakat dalam berbagai bentuknya.

Pada tahun 2012 lalu, telah dilaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yaitu untuk memilih Bupati & Wakil Bupati Priode 2012-2017. Adapun hasilnya adalah,  terpilihnya pasangan H. Hasanuddin Murad, SH dan H. Ma'mun Kaderi, SE sebagai Bupati dan wakil bupati Barito Kuala priode 2012-2017.

You are here: Home Pembangunan Sosial Budaya Polhukkam

JADWAL PIMPINAN

Jadwal Kegiatan Pimpinan Daerah

BaTV

LPSE

Webmail

JDIH