Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Barito Kuala (Batola) berencana akan menuntaskan target TP-PKK Batola yang bakal membedah rumah warga tidak mampu hingga 100 unit pada 2017 ini.

“Saat ini PKK sudah membedah 86 unit rumah. Insya Allah dengan bekerjasama PKK dalam waktu segera kita akan membangun 10 unit rumah, sedangkan 4 unit sisanya diusahakan di perubahan,” kata Kepala Dinas Perkim Batola Ir H Achmad Ridho MSi saat memimpin Apel Gabungan di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (15/05).

Selain mengutarakan rencana penuntasan target bedah rumah ala TP-PKK Batola, mantan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Batola ini juga menguraikan sejumlah program dan kegiatan lain yang sedang dan akan dikerjakan dinasnya.

Diantaranya pengadaan dan pemasangan patok pada beberapa perumahan, pembangunan (peningkatan) sarana dan prasarana utilitas rumah sederhana yang progressnya terdapat beberapa paket yang mencapai 100 persen.

Selain itu, melakukan fasilitasi dan simulasi pembangunan perumahan masyarakat kurang mampu yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Kecamatan Alalak dan Marabahan berupa peningkatan kualitas terhadap 503 unit rumah.

Sementara yang berasal dari dana APBN Provinsi Kalsel, sebut lelaki yang juga pernah menjabat Kadinsosnakertrans Batola itu, berupa bantuan stimulan perumahan swadaya untuk 293 unit di Kecamatan Belawang. “Semua kegiatan sudah dipublikasikan melalui sistem informasi rencana umum yang pelelangannya langsung melalui LPSE,” katanya.

Menyinggung upaya memperkuat basis data dan kawasan permukiman, Ridho mengatakan, tahun 2017 ini Dinas Perkim sedang menyusun rencana pembangunan pengembangan dan kawasan permukiman (RP3KP) yang akan dijadikan sebagai masterplan atau grand design dari perumahan dan kawasan permukiman di Batola.

Melalui ini, harap dia, akan menjadi lebih realistis apabila disusun Rencana Pembangunan Investasi Jangka Menengah (RPIJM), karena nanti akan terlihat indikasi program dari DP3KP.

Lelaki yang juga pernah menjabat Kabid Bina Marga Batola ini menambahkan, tahun ini pihaknya juga melaksanakan kegiatan RP2KPKP (Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan) pada 3 kecamatan yakni Marabahan, Tamban, dan Alalak.

Kegiatan RP2KPKP ini dimaksudkan, sebutnya, untuk pengembangan kawasan permukiman di perkotaan yang memiliki fungsi strategis dan menunjang pertumbuhan ekonomi kota.

You are here: Home Habar Banua Perkim akan Tuntaskan Target Bedah Rumah PKK

JADWAL PIMPINAN

Jadwal Kegiatan Pimpinan Daerah

BaTV

LPSE

Webmail

JDIH